SOAL TIK KELAS 7E DAN 7F ADA DI BAWAH

Seisme


Gempa ( Seisme ) adalah getaran yang dirasakan dipermukaan bumi akibat tenaga dari dalam bumi. Menurut sumber terjadinya gempa (seisme) dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Gempa Vulkanik, yaitu gempa yang terjadi akibat peristiwa gerakan magma gunung berapi. gempa vulkanik terjadi karena ledakan magma yang menekan dinding gunung, dan tekanan gas yang ada di dalam badan gunung.
  2. Gempa runtuhan / gempa terban, yaitu gempa yang terjai akibat tanah runtuh atau berongga. Misalnya aktivitas penambangan.
  3. Gempa tektonik, yaitu gempa yang terjadi akibat pergeseran struktur lapisan kulit bumi. Gempa tektonik merupakan gempa yang sangat berbahaya dan menimbulkan banyak korban jiwa. Gempa tektonik dapat terjadi di daratan maupun di lautan. Keduanya sama-sama sangat berbahaya, namun yang sangat mengerikan dan begitu banyak menelan jiwa jika terjadi di lautan akan menimbulkan tsunami. Seperti gempa Aceh tahun 2004 menelan ratusan ribu jiwa, gempa Sendai di Tokyo menimbulan ratusan jiwa dan gempa tsunami lainnya.
Menurut kedalaman lokasinya gempa dibedakan menjadi :
  • Gempa dangkal ( jika hiposentrumnya ) berada pada kedalaman < 60 Km. Sangat berbahaya jika potensi gempa ini terjadi, karena semakin dangkal maka kekuatannya sangat dashyat dan berdampak pada kehancuran yang luar biasa. Apalagi jika gempa tektonik dangkal ini berada di lautan maka potensi tsunami pasti akan menyertainya.
  • Gempa menengah ( jika hiposentrumnya ) berada pada kedalaman 60 km - 300 km. Cukup berbahaya dapat menimbulkan kerusakan sedang dan wilayah dekat hiposentrum akan mengalami kerusakan yang parah.
  • Gempa dalam ( jika hiposentrumnya ) berada pada kedalaman > 300 km. Gempa ini jauh di kedalaman pusat bumi. Sifatnya tidak berbahaya, karena pada dasarnya aktivitas cairan magma di pusat kedalaman bumi senantiasa mengalami pergerakan, namun karena letaknya jauh di dalam pusat bumi hampir sama sekali tidak terasa di permukaan bumi.
Skala Gempa menurut Richter :
  1. > 8.0 skala richter ==> Kerusakan total, semua bangunan runtuh, dan merupakan peristiwa bencana besar.
  2. 7.4 - 7.9 skala richter ==> kerusakan sangat hebat
  3. 7.0 - 7.3 skala richter ==> kerusakan bangunan besar, bangunan runtuh, jembatan, dan rel kereta api rusak
  4. 6.2 - 6.9 skala richter ==> bangunan banyak yang rusak
  5. 5.5 - 6.1 skala richter ==> terdapat sejaumlah kecil bangunan rusak
  6. 4.9 - 5.4 skala richter ==> getaran dirasakan semua orang
  7. 4.3 - 4.8 skala richter ==> getaran dirasakan semua orang
  8. 3.5 - 4.2 skala richter ==> hanya dirasakan sebagian kecil orang
  9. 2.0 - 3.4 skala richter ==> manusia tiadak dapat merasakan hanya dapat dideteksi oleh seismograf

    Gb 1.Skema terjadinya gempa





Gb 2. Korban akibat gempa


Gb 3. Tsunami Aceh

Gb 4. Kerusakan akibat gempa